SMP Sains Tebuireng - Jombang Eco Creative (JEC) 2024 yang dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu (27-28/6/2024) yang dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kebon Ratu yang ada di Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang ini menjadi awal mula terlibatnya SMP Sains Tebuireng sebagai peserta pameran.

Di pelaksanaan kali ini, SMP Sains Tebuireng juga mendapatkan penghargaan dari Bupati Jombang Sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2024. Piagam diberikan langsung oleh Pj Bupati Jombang, Bapak Sugiat, S.Sos., M.Psi.T kepada Kepala SMP Sains Tebuireng, Bapak. H. Haerul Anam, S.Pd.I.

Penyerahan Piagam Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2024

Selama dua hari pelaksanaan JEC 2024, booth SMP Sains Tebuireng menyajikan tujuh produk hasil percobaan peserta didik mata pelajaran Sains dan Teknologi (Saintek) yang ada di sekolah. Ketujuh produk tersebut berupa Ice Cream berbahan dasar isi dan buah nangka, Sabun Lerak, Edible Water, Edible Film dari ketela pohon, Lilin Aroma Terapi memanfaatkan limbah minyak goreng, berikutnya Teh dari rambut jagung serta tanaman liar Patikan Kebo dan yang terakhir adalah Salep Binahong yang berguna untuk menyembuhkan penyakit gatal.

Sebelum menghasilkan produk-produk tersebut, peserta didik didampingi guru mata pelajaran Saintek telah melakukan observasi terlebih dahulu terkait kandungan serta manfaat-manfaat yang terkandung dalam bahan dasar yang digunakan. Sehingga selain menghasilkan suatu produk, juga mampu memanfaatkan benda ataupun barang tidak terpakai yang ada di sekitar.

Berkat uniknya produk yang disajikan di booth SMP Sains Tebuireng, banyak pengunjung yang tertarik singgah. Bahkan diantaranya tidak hanya sekedar bertanya seputar produk-produk tersebut, tetapi juga membeli sejumlah produk yang merasa diperlukan.

Hal itu terbukti dari laris manisnya produk yang disajikan. Bahkan di hari pertama dan kedua, Ice Cream  berbahan dasar isi dan buah Nangka habis terjual terlebih dahulu.

Selain karena faktor uniknya sajian yang ditampilkan, tingginya antusias pengunjung yang datang ke booth SMP Sains Tebuireng disebabkan oleh terampilnya peserta didik dalam menarik serta menjelaskan masing-masing produk. Sehingga pengunjung mendapatkan pengetahuan baru dari penjelasan peserta didik. Bahwa dari barang-barang yang mungkin tidak terpikir untuk mampu menjadi suatu produk bermanfaat, ternyata dapat disulap sedemikian rupa oleh peserta didik.

Walaupun memang pada akhirnya tidak mampu menjadi juara pada kategori booth terbaik, tetapi Alhamdulillah booth SMP Sains Tebuireng mampu menjadi yang terbaik di hati pengunjung. 










Lebih baru Lebih lama